Episode Mario Teguh Golden Ways semalam, membuat saya teringat akan pengalaman saya. Tentang bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri atau istilah kerennya “how you see yourself”. Dalam berbagai hal, cara pandang seseorang akan sangat berpengaruh terhadap banyak hal. Misalnya: ketika kita memandang diri kita sebagai orang yang istimewa, maka keistimewaan itulah yang akan kita dapat. Sebaliknya, jika memandang diri kita sebagai orang biasa-biasa saja, maka hal biasa pula yang akan ia raih.

Apa yang diutarakan oleh Pak Mario Teguh benar terjadi pada kehidupan saya. Beberapa waktu yang lalu saya berkenalan dengan seorang pria. Obrolan kami cukup nyambung. Kami cukup merasa nyaman bertukar pikiran. Sayangnya di setiap kesempatan berbincang, sering terlontar dari ucapannya bahwa ia merasa tidak pantas berkenalan dengan saya. Saya pun berusaha memberikan masukan bahwa tidak ada orang yang tidak pantas di mata orang lain kecuali penilaiannya sendiri.

Satu saat ia berkunjung ke rumah. Tampak sekali keraguan dan ketidakpercayaan dirinya yang sangat bisa terbaca oleh siapa saja yang melihatnya. Saya memperhatikan dari cara ia berjalan dengan lebih sering membungkukkan tubuhnya. Saya tahu, bahasa tubuhnya ini sangat dipengaruhi oleh tempat ia berasal. Tapi, saya menilai bahwa sikapnya ini tidak menunjukkan keyakinan diri yang positif terhadap dirinya. Saya pun mencoba berkata jujur bahwa apa yang ia pikirkan, bahwa ia tidak pantas, akhirnya terwujud di pandangan saya.Ia berkilah bahwa ia adalah seorang yang pemalu. Well, menurut saya orang pemalu bukan berarti orang yang harus memandang rendah dirinya sendiri dengan berpikiran bahwa ia tidak pantas untuk berkenalan dengan orang lain.

Dan apa yang disampaikan oleh Bapak Mario Teguh semalam, dalam episode “garbage in, garbage out”  itu benar-benar nyata terjadi pada sebagian orang. Jika kita memandang diri kita rendah, bagaimana oranag akan memandang diri kita tinggi?

Untuk itulah cara pandang diri yang positif harus benar-benar diterapkan pada diri semua orang, Tidak melihat dari status sosial dan sebagainya, cara pandang positif wajib dimiliki oleh setiap individu. Mengapa? Karena apa yang kita lihat pada diri kita sendiri, akan pula dilihat oleh orang lain. Karena bagaimana kita memandang diri kita akan secara tidak langsung terbaca dari setiap gerak dan perilaku kita.

So, pandanglah diri anda tinggi, maka orang akan memandang tinggi diri anda.