September Ceria…

Ya, saya suka lagu itu, kalau tidak salah penyanyinya Vina Panduwinata. Mengapa? Karena kebetulan saya lahir di bulan September (lima hari lebih awal dari ultahnya pak SBY yang jatuh pada hari ini, selamat milad ya pak SBY). Sejak mengajar anak-anak SMA,  8 tahun silam, ulang tahun saya jadi “selalu” dirayakan. Bahkan di usia saya yang kepala 3 inilah saya baru merasakan kejutan-kejutan ulang tahun. Maklumlah, terlahir dari keluarga besar dan biasa saja, kami hampir tidak pernah merayakan pesta ulang tahun. Semasa saya kecil, biasanya kami hanya membaca surat yasin dan berdoa saja buat yang ulang tahun. Makanan terbaik kami saat itu adalah martabak telor!

Ketika kehidupan kami sudah cukup membaik, artinya, satu per satu dari anak-anak mama dan bapak sudah mulai bekerja, barulah ada sedikit peningkatan dalam sajian syukuran ulang tahun kami, minimal traktirannya bisa lebih baik lah. Nah, barulah ketika saya mengajar, kejutan-kejutan kecil saya terima, terutama dari murid-murid saya (thanks to them). Kejutannya ya sama seperti yang saya suka lihat di tv-tv gitu, anak-anak membawa kue ulang tahun sambil menyanyikan lagu ultah. Ada rasa terharu, senang, bahagia ketika murid-murid kita memberikan surprise semacam itu.

Tahun ini tak berbeda jauh. Namun, kali ini bisa dibilang terasa lebih spesial karena diadakan di kelas di jam fresh morning (jam khusus untuk pertemuan antara wali kelas dan anak-anak asuhannya untuk pembinaan), sehingga kejutan kecil itu semakin berasa dengan kehadiran satu kelas anak-anak didik saya. Perhatian ini tentu saja membahagiakan karena di era yang serba apatis alias masa bodoh ini, ternyata anak-anak didik kita masih bisa memberikan perhatian dan kasih sayang mereka ke gurunya.

Satu hal menarik lagi yang saya temukan adalah ketika saya googling, muncul gambar GOOGLE dengan bentuk kue ulang tahun. Saya sempat berpikir “ih, koq pas banget ya? saya lagi ulang tahun, eh google pun berbentuk kue ulang tahun. Dan ternyata, ketika kursor saya gerakkan ke salah satu kue tersebut, ada tulisan “selamat ultah nunung”. Well, saking noraknya, saya sempat berbagi penemuan itu dengan murid-murid saya yang awalnya gak percaya. Kata salah satu murid, “iya, mam kan tergabung dalam google plus n gmail, jadi otomatis keluarlah ucapan itu. Anyway, keren juga ya, ultah kita diingat sama google, sampe bela-belain ganti gambar kue ulang tahun buat yang lagi ultah🙂

Do you want to take a look? Siapa tahu nanti ultah anda yang diucapkan oleh google!

13471976611809650113
selamat ultah nunung

Thanks to all my students, friends, family who remember my birthday and pray for me🙂