Arti persahabatan.

Kasta 92 Ladies

Gak nyangka ya, sejak reunian dua tahun lalu, saya dan teman-teman SMP masih bisa terus kontak. Silaturahim kami berlanjut hingga hari ini. Kami juga gak tahu apa yang membuat tali pertemanan kami tersambung kembali setelah terputus hampir 18 tahun lamanya. Yang pasti, kami jadi sering kumpul juga. Entah apapun acaranya, kami usahakan untuk bisa menjalin tali silaturahim yang baru mulai dirajut kembali. Kesamaan rasa dan kesukaan mungkin menjadi dua hal yang membuat kami tetap bisa menjalin hubungan.

Berawal ketika dua tahun lalu ada reuni akbar lulusan SMP 1 Tambun, Bekasi. Kami, yang menyebut diri KASTA 92, berhasil mengumpulkan jumlah alumni terbanyak saat itu. Hampir 70an orang terkumpul dan menjadi ajang tukar menukar japri dan info sekilas. Bertekad untuk selalu keep in touch, kami pun melanjutkan pertemuan khusus untuk anak angkatan kami saja. Acara berlanjut di kalam kopen, dengan tambahan membuat kaos khusus angkatan kami saja. Sukses acaranya walaupun diguyur hujan deras.

Acara-acara selanjutnya yaitu buka bersama dan juga sempat mengadakan acara “kasta 92 goes to Puncak”. Walaupun peserta yang ikut selalu berganti (ada juga sih peserta tetap yang gak pernah ketinggalan acara), namun kebersamaan kami selalu terjaga hingga kini.

Sampai pada hari ini, kami berkunjung ke rumah salah satu alumni yang tinggal di Purwakarta. Dengan tiga armada, kami pun melaju ke Purwakarta tepatnya di daerah Munjul Jaya. Setelah bersilaturahim dengan tuan rumah, kami melanjutkan perjalanan ke waduk jatiluhur. Sebenarnya sih tidak ada niatan ke sana, tapi itulah kami. Terkadang di tengah jalan muncul ide yang dadakan tapi tetap seru dan asyik. Terakhir ke sana tahun 2005. Kini waduk jatiluhur sudah semakin ramai dengan adanya water world, wisata kolam renang, dan banyaknya restoran-restoran yang berjajar di pinggiran jalan utama waduk. Ada banyak wahan permainan juga untuk menyenangkan hati anak-anak kita.

Dengan karakter dan kesibukan kami yang berbeda-beda, saya salut bahwa kami bisa meluangkan waktu untuk tetap bertemu dan jalan bersama. Mungkin inilah yang dinamakan arti persahabatan. Dengan maksud menyambungkan tali silaturahim, kami akan selalu kompak untuk bisa berjalan bersama. Meski terkadang ada riak dan sedikit ombak, tapi itu tidak menjadi penghalang untuk tetap menjaga tali persahabatan. Apalah arti hidup tanpa ada gejolak? Hidup gak akan rame dan gak penuh warna. Akhirnya kami pun menikmati setiap kebersamaan dan berusaha semaksimal mungkin meminimalisir riak yang terkadang suka muncul tiba-tiba dan tak terduga.

Seperti kata pepatah “Friends are the family we choose for oursleves”, teman adalah keluarga yang kita pilih untuk diri kita sendiri. Kita dengan sadar berteman dengan orang lain atas dasar perasaan nyaman dan saling menghargai perbedaan. Berusaha menyamakan rasa dan persepsi walaupun kami tetap memiliki karakter kami masing-masing. Teman yang kita pilih sendiri dengan sendirinya menjadi keluarga kita juga, keluarga yang kita pilih sendiri untuk bisa mewarnai kehidupan kita.

Untuk itu, kita harus bisa saling menghargai dan peduli dengan keluarga pilihan kita sendiri. Jika kita tidak merasa nyaman, maka kita tidak perlu juga memaksakan diri membentuk keluarga baru. Semoga persahabatan kita tetap terjalin indah, wahai sahabat-sahabat ku🙂

Dan terima kasih untuk hari yang indah untuk ke sekian kalinya🙂

Salam Sahabat