Search

Nunung Nuraida

merekam asa, rasa dan cerita

Month

May 2012

Galau Gak Lulus PTN?

Seminggu terakhir ini, line pengaduan kembali berdering. Dari murid hingga orang tua tak hentinya meminta pendapat dan sharing tentang anak-anak mereka yang tidak diterima di PTN melalui jalur SNMPTN undangan. Ya, sejak diumumkannya kelulusan SNMPTN undangan sabtu lalu, tingkat kegalauan siswa-siswa tingkat SMA/SMK semakin tinggi. Tidak hanya khawatir karena tidak bisa kuliah di perguruan tinggi yang favorit dan bonafit, mereka juga takut tidak mendapatkan kuliah minimal di perguruan tinggi negeri. Continue reading “Galau Gak Lulus PTN?”

Cina Identik Dengan Mangga Dua?

Sering terdengar guyonan orang tentang orang-orang peranakan Tionghoa alias orang China. Setiap ketemu dan kenal sama orang China, pasti pertanyaannya sama “punya toko di Mangga Dua ya?” atau “Mangga Dua nya sebelah mana nih?” walaupun sebenarnya kawan itu malah gak ada hubungannya sama Mangga Dua, dan bukan pedagang pula. Tapi, entahlah, kenapa banyak orang yang sering guyon seperti itu ya? Apa memang Cina itu identik dengan pedagang-pedagang di Mangga Dua? Atau sebaliknya, Mangga Dua identik dengan banyaknya pedagang Tionghoa. Yang pasti, setiap menyebut China, orang akan berasumsi pedagang di Mangga Dua, atau Mangga Dua banyak Cinanya. Continue reading “Cina Identik Dengan Mangga Dua?”

Lima Bingkisan Wajib Bagi Anak

Judul buku karanagn Munif Chatib “Gurunya Mausia” itu membuat saya penasaran. Lumayan menggelitik dan berbeda dibandingkan judul buku lainnya. Apa yang maksud dari judul itu? Menurut ketua IGI Pusat Jawa Barat, gurunya manusia adalah guru yang ikhlas dan mau belajar, terutama untuk sesuatu yang baru. Gurunya manusia itu sabar dalam mengajar dan mampu menerima murid dalam berbagai karakter. Gurunya manusia itu profesional dan mengenal konsep bahwa “setiap anak adalah JUARA”. Continue reading “Lima Bingkisan Wajib Bagi Anak”

Pengumuman SNMPTN Undangan 2012

Hari ini merupakan hari bersejarah double bagi seluruh siswa SMA dan SMK se-Indonesia. Bagaimana tidak dobel, selain pengumuman kelulusan sebagai siswa-siswi SMA/SMK, hari ini juga bertepatan dengan pengumuman SNMPTN undangan yang ditunggu-tunggu oleh mereka. Tentunya menjadi doble kebahagiaan bagi mereka yang lulus UN dan juga lulus SNMPTN sehingga mereka sudah lega bahwa akhirnya mereka bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Continue reading “Pengumuman SNMPTN Undangan 2012”

Pendidikan Karakter? Nol Besar

Sudah sejak satu tahun terakhir ini, kurikulum pendidikan dasar dan menengah mengalami perubahan. Dalam setiap silabus yang disusun, harus dimasukkan unsur pendidikan karakter. Akhirnya, para guru pun mulai merevisi semua silabus, RPP dan segala jenis administrasi mengajar lainnya. Dalam setiap perencanaan mengajar, disisipkan indikator pendidikan karakter. Continue reading “Pendidikan Karakter? Nol Besar”

Kampanye Guru Menulis dan Melek Internet

 

Napak tilas pertemananku dengan sahabat yang bernama “internet”.

Entah internet sudah ada sejak kapan, yang pasti yang saya ingat, saya kenalan dengan dia sekitar tahun 1998an, sewaktu masih jadi anak kuliahan yang kata banyak orang masa menonjolkan diri. Saat itu di perpustakaan kampus sastra baru saja dipasang komputer lengkap dengan jaringan internetnya. Karena barang baru, kebayang kan seberapa antri tuh komputer di perpus. Pertama kali yang saya lakukan adalah membuat alamat email. Namanya masih katro, rasanya bikin email itu setengah mati. Maklum, megang mouse nya aja masih kagok gitu. Alhasil, membuat email pun jadi ajang perdebatan seru dengan teman-teman seperjuangan. Continue reading “Kampanye Guru Menulis dan Melek Internet”

Good bye YM!

Baru kali ini saya mendapati seorang kawan chat dunia maya yang gak aneh-aneh. Walapun perkenalan saya dengan Hussein dimulai dua tahun yang lalu, tetapi kami masih suka kontak (dia yang lebih banyak telpon sebenarnya), walaupun tidak rutin. Minimal dalam satu tahun adalah 5 kali kontak. Tapi kami tetap saling menjaga silaturahim. Bahkan dia sampai menggunakan nama saya untuk dijadikan nama bagi anak perempuannya yang lahir 9 bulan yang lalu. Sempat tersanjung juga sih. Continue reading “Good bye YM!”

Ungkapan Cinta di Telapak Kaki

Ada-ada saja tingkah polah anak-anak remaja di Indonesia. Sebagai anak yang baru gede alias sedang puber, mereka cenderung mulai tertarik dengan lawan jenis. Mulailah pencarian pacar dicanangkan. Tak berbeda pula dengan anak-anak bimbingan saya di sekolah. Berhubung mereka mengambil jurusan akuntansi, maka sangat sedikit sekali peminat dengan jenis kelamin laki-laki. Alhasil, untuk tahun angkatan ini tidak ada satu pejantan pun di kelas akuntansi. Nah, karena isinya kaum hawa semua, kebayang kan gimana suasana dan kondisi kelas? Ramai dengan teriakan, cekikikan, tertawa dan kecentilan mereka. Ketika saya tanyakan kepada mereka, mereka malah jawab, “Makanya, mam, minta anak cowok donk di kelas, jadi kita kan pada jaim (jaga imej) tuh, ga kayak cacing kepanasan, mam!” Continue reading “Ungkapan Cinta di Telapak Kaki”

Perempuan: Antara Mouse dan Setrika

Bicara tentang perempuan berarti bicara tentang ibu, istri, nenek, anak gadis, dan tkw. Tentang istri pun kita masih bisa membagi bahasan menjadi dua topik besar, istri sebagai ibu rumah tangga dan istri yang berkarir di luar rumah.

Ibu rumah tangga adalah posisi perempuan tertinggi. Level profesi teratas di antara profesi-profesi lain yang diemban oleh para perempuan. Bagaimana tidak? Ibu rumah tangga merangkap berbagai jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh berbagai jenis profesi.  Jika ayah berperan sebagai kepala rumah tangga, maka ibu adalah kepala URUSAN rumah tangga. Continue reading “Perempuan: Antara Mouse dan Setrika”

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: