Ada obrolan menarik antara aku dan teman sekaligus tetangga rumahku. Dia sering mengeluhkan mengapa anaknya sering sekali sakit dan harus berobat ke dokter. Akhirnya, terakhir ia membawa anaknya berobat, ia pun sempat curhat dengan dokter spesialis anak tersebut.

Dokter nya malah balik bertanya ke teman saya:

“Ibu sering makan mie instan gak?”

“Lumayan sering dok!”

“Kalau gitu, mulai sekarang hindari makan mie instan. Kasian anaknya, gak dapat apa-apa dari ASI ibu kalau ibu cuma makan mie instan. Plus, tidak usah dikasih susu formula selama dia belum disapih!”

Menurut dokter tersebut, mie instan mungkin sudah tidak terlalu mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan tubuh, tetapi tidak pula ada kandungan gizinya sama sekali, alias zero nutrition. Mie instan hanya bersifat mengenyangkan. Bahkan bagi ibu menyusui, mie instan yang dikonsumsi tidak mampu memberikan zat kekebalan tubuh sedikitpun. Itulah mengapa anak bisa sering sakit karena ASI yang ia konsumsi dari ibunya hanya mengandung sedikit sekali zat nutrisi yang dibutuhkan oleh si anak.

Demikian pula susu formula. Jika pun sang ibu harus meninggalkan anaknya karena ia bekerja, maka ketika sampai rumah, hindari pemberian susu formula. Cukup berikan ASI selama ibu bisa. Karena tidak ada daya tangkal penyakit yang paling ampuh selain ASI.

Untuk itu, bagi para ibu menyusui, hendaknya memperhatikan asupan gizi yang ia konsumsi karena hla tersebut sangat berpengaruh bagi perkembangan kesehatan sang anak yang masih menyusui.