Dunia itu selalu maju. Maju dalam artian ada kenaikan dalam berbagai hal. Contohnya ya BBM itu. Kenaikan BBM tentunya akan terjadi di setiap tahunnya. Tak peduli alasan yang dilontarkan pemerintah, yang pasti kenaikan harga BBM itu pasti akan terjadi kapanpun dimanapun. Lalu, apakah hal ini menjadi wajar? Dalam kacamata saya, yang namanya tingkat hidup, pasti akan ada yang naik. Tentunya kenaikan BBM ini akan berimbas pada kenaikan-kenaikan harga lainnya. Dan pastinya, jika semua harga barang-barang naik, secara alamiah, gaji para pekerja atau karyawan pun akan naik.

Untuk menyesuaikan harga yang semuanya ikut naik gara-gara BBM naik, maka pendapatan per kapita masyarakat secara langsung pasti dinaikkan. Kenaikannya tentu tidak sama dari setiap sektor. Ada yang naik secara signifikan, ada pula yang naik hanya demi menyesuaikan harga BBM dan harga bahan-bahan pokok yang ikut naik.

Jika sudah begini, maka kenaikan BBM menjadi berbanding lurus dengan kenaikan penghasilan. Dan selamanya akan seperti itu. Sebenarnya kondisi seperti ini bisa juga berbalik. Kita tentunya mengetahui bagaimana buruh dan karyawan menuntut kenaikan gaji beberapa waktu yang lalu. Dan ketika tuntutan kenaikan gaji tersebut sudah terpenuhi, tidak berapa lama, BBM ingin ikut naik. Mungkin pemerintah berpikir bahwa gaji karyawan naik berarti mereka memiliki uang lebih untuk membeli BBM yang dinaikkan.

Keadaan ini akan terus berputar seperti ini, layaknya lingkaran setan. Jika ada satu sisi naik, maka kenaikan itu akan menular pada kenaikan-kenaikan di sektor lainnya. Begitu seterusnya. Lalu, mengapa pula kita harus mempermasalahkan kenaikan BBM ini? Bukankah secara otomatis, berbagai pihak akan menaikkan harga barang-barang dan harga layanan/jasa yang diberikan pada masyarakat? Dan kenaikan itu pun kemudian akan diikuti dengan kenaikan gaji karyawan atau pekerja. Berapa besar kenaikannya, tentunya akan diperhitungkan oleh setiap petinggi perusahaan atau institusi atau yayasan. Jadi, ikuti saja sunatullah yang ada, tak perlulah kita bertindak berlebihan dan anarkis yang akhirnya lebih banyak merugikan dibanding menguntungkan.

So, saudara tenang saja, BBM naik, Gaji saudara pastinya akan ikut naik!

Salam Santai!😀