Pernahkah Anda merasakan ketidakpuasan akan ending sebuah film? Atau mungkin jalan cerita yang menurut anda tidak seusai dengan apa yang ada di benak Anda? Saya sering mengalaminya. Artinya ketika saya menonton sebuah tayangan televisi atau film, ada saat-saat dimana kita mengharapkan cerita yang berbeda dari yang ditayangkan, atau ada alur yang sebaiknya diganti sesuai dengan keinginan kita, atau bahkan ending cerita yang perlu diperbaiki.

Karena rasa tidak puas dan penasaran akan cerita itulah, kadang penggemar membuat cerita fiksi sendiri untuk memuaskan keinginan akan jalan cerita sesuai yang ada di benak mereka. Atau bahkan ada banyak penggemar yang membuat cerita berdasarkan karakter-karakter tokoh film yang mereka gemari an tentu saja akan banyak memasukkan ide-ide mereka mengenai bagaimana seharusnya jalan dan alur cerita yang lebih pas. Cerita-cerita itulah yang dinamakan dengan FanFiction.

Secara harafiah, fanfiction dapat diartikan fiksi penggemar. Maksudnya adalah kisah fiksi yang diambil dari karakter tokoh dari film yang mereka gemari. Bisa diambil dari film serial televisi, atau juga film layar lebar. Namun, yang paling banyak diambil adalah karakter tokoh film serial televisi karena mereka menganggap karakter tokohnya lebih lama melekat dan berkembang.

Tentunya penulisan cerita fiksi yang didasarkan pada tokoh cerita dari suatu film serial televisi atau film layar labar ini tidak bisa dijadikan tulisan komersil atau bisa diperjualbelikan. Karena secara hukum, karakter tokoh yang dipakai adalah karakter tokoh milik dari si empunya cerita aslinya. Jadi penulis fanfiction hanya bisa menayangkan tulisannya sebagai bacaan hiburan saja.

Banyak saya temukan fanfiction di internet, terutama yang diambil dari karakter tokoh film serial televisi produksi Amerika. Namun, saya lebih banyak membaca fanfiction dari cerita film Remington Steel dan The X-Files, karena dua serial televisi itu adalah favorit saya. Kadang membaca fanfiction dapat membawa kita kembali mengenal film-film yang eksis di tahun-tahun sebelumnya. Kita pun bisa merasa memiliki ide atau pemikiran yang sama mengenai bagaimana seharusnya jalan cerita atau ending dari setiap tayangan film serial tersebut.

Anda tertarik mencari fanfiction dari film favorit Anda? Silahkan ditelusuri melalui jasa mbah Google. Siapa tahu anda beruntung dan dapat menikmati cerita lain yang ditulis oleh para penggemar film yang sama.