Sebagian dari Anda pasti sudah mengenal sosok Rowan Atkinson. Seorang comedian handal yang namanya tidak hanya mendunia tetapi juga menjagad raya! Ya, dia adalah si Mr. Bean. Siapa yang tak kenal dengan Mr. Bean? Tokoh central dalam satu tayangan komedi dengan judul yang sama. Sosok seorang comedian yang tidak mengandalkan kehebatan kata-kata tetapi membawa dirinya mendunia dengan kecerdasan gerak tubuh dan mimic wajah. Kekonyolannya di setiap episode sitkomnya akan selalu membuat para penontonnya tersenyum bahkan tertawa terbahak-bahak.

Itulah sosok Rowan Atkinson dalam balutan tokoh Mr. Bean yang kocak, lucu dan konyol. Namun, tahukah Anda siapa Rowan Atkinson tanpa pakaian Mr. Bean? Ya. Dia adalah seorang electrical engineer yang lulus dari Newcastle and Oxford University di Inggris. Seorang yang pendiam dan tidak mampu menghibur Anda secara personal. Seorang terpelajar yang memilih menjadi comedian.

Apakah hal ini dikarenakan menjadi comedian lebih mudah dibanding menjadi illmuwan? Jawabannya tentu tidak. Justru menjalanani profesi comedian bukanlah hal yang gampang. Dituntut kecerdasan yang lebih banyak dibandingkan ketika kita menjadi seorang pegawai biasa atau ilmuwan. Di saat ilmuwan cukup memiliki satu keahlian untuk memecahkan satu permasalahan dan dipakai untuk waktu yang panjang, comedian wajib memiliki sepuluh kecerdasan dalam waktu yang sangat singkat!

Apa saja kesepuluh kecerdasan atau kreatifitas itu?
1. Kecerdasan mencari ide berbeda untuk setiap penampilannya.
2. Kecerdasan merangkai kata-kata yang tepat sehingga ide tersebut sampai ke penikmatnya
3. Kecerdasan memanfaatkan bahasa tubuh dan mimic wajah yang menunjang ide tampilannya
4. Kecerdasan intrapersonal untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya di atas panggung
5. Kecerdasan interpersonal ketika ia harus berinteraksi dengan pasangan atau lawan mainnya
6. Kecerdasan berinteraksi dengan keadaan darurat jika ide awal tiba-tiba stuck di tengah jalan
7. Kecerdasan menahan diri atau emosi ketika ada hal-hal yang terlontar tak sesuai dengan isi hati
8. Kecerdasan melepaskan atribut pribadi ketika tampil
9. Kecerdasan melepaskan dan menanggalkan masalah pribadi saat dia menghibur para penikmatnya
10. Kecerdasan menciptakan aura kebahagiaan bagi orang-orang yang menontonnya

Nah, mengapa Rowan Atkinson memilih menjadi comedian? Saya pikir karena profesi itu membuatnya bisa memanfaatkan setiap kecerdasan yang ada pada dirinya sehingga dia tidak terjebak dalam satu rutinitas profesi yang berkutat hanya pada kecerdasan saja.

Anda berniat mengubah haluan menjadi comedian seperti Mr. Bean? Jika ya, maka dua jempol dari saya untuk Anda!