Tidak ada yang salah dengan kata “GUE” dan “LO”!

Source: twitter.com

Rasa-rasanya kalimat tersebut harus diucapkan dengan tegas dan serius. Supaya orang tahu bahwa tidak ada yang salah dengan kata GUE dan LO. Kalau ada orang yang mengatakan bahwa kata GUE dan LO dilarang dipakai, gue yakin tuh orang ga ngerti apa itu bahasa!

Dalam keseharian, GUE dan LO memiliki hak yang sama untuk bersanding dengan kata AKU dan KAMU atau SAYA dan ANDA. Tidak ada yang membedakan mereka. Siapa saja boleh pakai GUE dan LO. Dari anak kecil sampai kakek nenek. Dalam institusi formal, semisal sekolah dan kantor, GUE dan LO juga sangat wajar dipakai. Tidak perlu adanya larangan pemakaian dua kata unik itu.

Apakah GUE dan LO tidak sopan? Apakah GUE dan LO tergolong bad words? Gue yakin jawaban lo ga kan? Iya lah. GUE dan LO kan bahasa daerah yang memang digunakan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita, GUE dan LO ga akan bisa lepas. Semua orang boleh pakai. Setiap individu boleh ngucapin. Pokoknya semuanya boleh. Asalkan kedua belah pihak yang saling berbicara merasa nyaman dengan GUE dan LO.

Oke, sedikit berbeda kasusnya kalau lo mau ngomongin hal resmi dalam satu seminar atau pembelajaran. Atau mungkin lo ketemu orang baru yang belum lo kenal. Bolehlah GUE dan LO dikesampingkan dulu. Kalau lo dah yakin kenal sama tuh orang dan ngerasa nyaman, gue yakin GUE dan LO menjadi primadona dalam setiap obrolan lo.

Sempat ada larangan GUE dan LO di sebuah sekolah. Sesama guru tidak boleh menggunakan GUE dan LO dalam obrolan antar rekan kerja. Bahkan sesama siswa pun dilarang bilang GUE dan LO ke temannya sendiri! Dunia yang aneh. Tanpa perlu larangan, anak pun akan mampu membedakan kapan mereka menggunakan GUE dan LO, kapan mereka harus menggunakan saya dan anda. Tak perlu lah dilarang mengucapkan GUE dan LO di setiap kesempatan.

Satu yang harus diingat. Gue dan Lo adalah bahasa daerah. Kedudukannya sama dengan kata lain dalam kehidupan keseharian kita. Tak perlu dilecehkan, tak usah dipinggirkan. Inilah pertanda betapa bangsa Indonesia kaya dengan keragaman bahasanya.

Salam GUE dan LO dari gueπŸ™‚