source: fiqhislam.com

Nilai sudah menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar pelajar. Dari siswa SD hingga SMA, nilai telah menjadi kekhawatiran terbesar mereka. Hal ini terkadang dipicu pula oleh para orang tua yang mengharapkan putra-putri mereka mendapatkan nilai terbaik dan syukur-syukur mendapatkan peringkat kelas yang membanggakan.

Salah satu cara orang tua untuk mendorong putra putri mereka mendapatkan nilai bagus adalah dengan menjanjikan reward berupa hadiah-hadiah yang menggiurkan. Hal ini tentu saja membuat si anak mati-matian mengejar nilai bagus! Tanpa disadari, demi menggapai hadiah itu, beberapa dari mereka melakukan tindakan yang tidak jujur. Entah mencontek dengan temannya atau apapun caranya demi mengejar nilai tinggi.

Jika sudah begini, apakah pemberian reward berupa hadiah menjadi sesuatu yang pantas dilakukan? Tegakah kita membiarkan putra-putri kita terjerumus tindakan salah hanya demi mengejar reward yang kita janjikan? Siapkah kita melihat mereka stres memenuhi tuntutan kita yang sangat tinggi?

Sepertinya kita harus mampu mengubah pola pemberian reward kita. Jangan jadikan nilai sebagai syarat untuk mendapatkan hadiah dari kita, para orang tua. Jika tidak ingin putra-putri kita menjadi robot pengejar nilai dan hadiah, kita harus segera mencari cara pemberian reward yang lebih bijak.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan reward atau penghargaan terhadap proses belajar mereka. Misalnya: ketika putra-putri kita mampu meningkatkan pola atau durasi belajarnya dari 30 menit saja menjadi bertambah 1 jam, maka berikanlah ia reward. Atau jika anak mampu menambah bacaan buku pelajarannya dari 1 buku menjadi 2 judul buku, hargailah dengan reward. Dengan begitu anak akan merasa dihargai karena usahanya, bukan karena hasil akhirnya. Insya Allah, jika yang kita hargai prosesnya, hasil akhir akan megikuti.

Sekarang, mulailah hindari pemberian reward mengatasnamakan nilai. Cobalah kita ganti pemberian reward karena proses belajar mereka, karena proses atau usaha menjadi sesuatu yang lebih penting dibandingkan hasil akhir.

Selamat memberikan reward, wahai para orang tua yang yang biijak..:)