Melihat acara deal or no deal, mengingatkan ku bahwa hidup adalah gambling. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di hadapan kita. Ketika kita dihadapkan pada banyak pilihan, sementara tujuan kita hanya satu, maka dengan berat hati kita harus mampu menyingkirkan pilihan-pilihan yang mengecoh. Kadang, apa yang harus kita lepaskan mungkin sebuah kerugian bagi kita. Namun, tak sedikit pula kita melepaskan banyak hal yang seharusnya bisa menjadi keberuntungan kita.

Tapi itulah kehidupan. Kita harus siap dan berani memilih. Singkatnya nih apakah kita mampu deal or no deal dengan apa yang kita pilih. Siap mengambil resiko dan benefit dari hasil pilihan kita. Mungkin apa yang kita dapatkan bukanlah apa yang kita harapkan atau inginkan. Tapi kita harus bisa memahami bahwa apa yang kita dapatkan saat ini adalah hal terbaik untuk kita. Sebuah anugrah yang diberikan oleh sang khalik. Karena apa yang di mata kita terbaik, belum tentu baik pula di mata Allah.

Sehingga kita harus percaya bahwa hidup yang kita jalani saat ini adalah berkah dan anugrah. Jika kita masih memikirkan apa yang telah terjadi di hidup kita ke belakang, maka kita bagaikan hidup dalam sejarah masa lalu. Terkungkung dan terbelenggu oleh perasaan bersalah dan pemikiran “seandainya saja…”. Dan andai kita berkutat di harapan atau mimpi masa depan kita, seakan kita hidup dalam angan-angan belaka. Menjalani hidup dalam mimpi bagaikan mengejar bayangan sendiri. Tak akan pernah bertemu pada satu tujuan.

Untuk itu jalani hidup kita saat ini dengan keyakinan bahwa inilah yang terbaik yang kita terima saat ini. Untuk mengubahnya menjadi lebih baik di masa depan, tentu dapat kita pelajari dari kekurangan atau kelemahan yang kita hadapi saat ini. Jadikan pengalaman yang sudah lewat menjadi ajang belajar dan mengevaluasi diri. Jadikan hidup saat ini menjadi cara untuk menikmati hidup dengan bahagia, dan jadikan masa depan kita menjadi acuan untuk kita mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik.

By the way, acara deal or no deal itu hukumnya apa ya? Koq serasa berjudi gitu? *confused.com