mam, tahu gak sekarang tanggal berapa? 13 januari harinya?

jumat…

berarti hari ini “friday the 13th donk mam!”

oh iya ya…saya koq baru sadar…

Itulah obrolan singkat saya dengan salah seorang murid tadi pagi. Saya jadi berpikir ke akhir tahun 80-an, tepatnya tahun 1987 hingga 1990. Saat itu ada tayangan serial film TV yang judulnya “friday the 13th”. Film yang tidak pernah saya lewatkan, dan memang ditayangkan setiap hari jumat pula! Film yang bergenre horor ini memang sempat memikat banyak pemirsa televisi, terutama peminat film-film barat. Karena ditayangkan di “prime time”, yaitu waktu tayang yang utama yang disinyalir waktu dengan paling banyak pemirsanya, saya rasa film seri itu menjadi tayangan favorit. Dengan kisah yang menyeramkan (tapi sangat berbeda dengan film horor indonesia), film itu membawa warna sendiri di antara serial TV lainnya.

Friday the 13th sendiri mengisahkan cerita-cerita yang berhubungan dengan hal-hal gaib di negara Barat, seperti cerita vampir, hantu atau bahkan makhluk-makhluk gaib lainnya. Dikisaahkan dua orang sepupu yang harus mencari barang-barang antik yang dijual dari toko peninggalan paman mereka karena dikhawatirkan benda-benda antik tersebut akan melukai si pemiliknya. Judul Friday the 13th itu sendiri diambil karena ada keyakinan bahwa setiap tanggal 13 yang jatuh pada hari jumat pertanda keburukan bagi dunia superstition. Hari ini muncul minimal satu sampai tiga kali dalam setahun. Friday the 13th akan muncul jika tanggal 1 di bulan tersebut jatuh pada hari minggu.

Bagaimana dengan budaya kita? Apakah kita mengenal adanya bad luck di hari Friday the 13th?