Tahukah Anda, bahwa dunia anak-anak saat ini sangat berbeda dengan apa yang kita alami sebelumnya. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dan mutakhir, semua hal berjalan dengan sangat iptek-minded. Well, kita ambil contoh saja, handphone dan laptop. Dua gadget itu sudah sangat familiar di kalangan anak-anak didik kita, terutama mungkin para remaja. Dengan dua jenis gadget itu, mereka mampu berimajinasi dan berkarya secara positif. Lihatlah, video-video yang diungguh di situs youtube atau sejenisnya. Bahkan tidak sedikit orang yang mendapat ketenarannya melalui situs tersebut. Sebut saja, penyanyi Justin Bieber versi luar negeri, atau Norman Kamaru versi Indonesia.

Ternyata, anak didik kita juga punya kemampuan dan talenta yang tidak kalah dengan mereka-mereka yang sudah tenar. Keahlian mengoperasikan dua gadget itu tentu dapat kita ambil manfaat positifnya. Untuk itu, saya mencoba menjembataninya dengan memberikan tugas akhir yang menggunakan rekaman video. Siswa diminta membuat video tentang “how to make …”, atau dalam istilah pembelajarn bahasa inggris kita menyebutnya “procedure text”. Dan hasilnya? Walaupun masih banyak yang sangat sederhana dan standar, namun ada beberapa yang saya rasa sudah sangat bagus. Dengan durasi berkisar antara 2 sampai 10 menit, video yang dihasilkan anak-anak cukup memuaskan, terutama untuk pembuatan sesuatu yang bagi saya belum pernah saya lakukan.

Saya rasa ide ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis tugas di sekolah. Hanya saja mungkin kita bisa lebih detail memberikan rules yang jelas terhadap penugasan tersebut. Dan perlu diperhatikan juga tentang rentang waktu yang diberikan, karena kadang-kadang anak lupa akan tugas-tugasnya.

So, selamat memberikan tugas dan menikmati karya anak yang memukau!🙂