Saya tidak tahu angin apa yang menghampiri anakku. Yang pasti bukan angin ribut, pembaca!🙂 Dari dua hari yang lalu, dia sibuk meminjam netbook saya. Katanya dia punya pertanyaan buat saya. Awalnya saya pikir bercanda. Tapi ternyata dia benar-benar mengetik soal berjumlah 33 soal!

Sebenarnya ini berawal ketika dia mau memberi pertanyaan teka-teki ke saya. Tapi karena dia lupa pertanyaannya, dia mau menuliskannya saja. Saya pikir beneran pertanyaan teka-teki yang bisa saja saya tidak bisa menjawabnya. Namun, setelah dia berkutat di depan netbook selama dua malam, akhirnya berhasillah dia menyelesaikan soalnya hari ini. Dia meminta saya untuk mengeprintkannya untuknya. Saya memang tidak terlalu antusias pada awalnya. Ah, paling pertanyaan teka-teki permainan anak-anak.

Tapi setelah dicetak, ternyata soal yang dibuat benar-benar pertanyaan tentang pelajaran. Jumlah totalnya ada 33 soal, terdiri dari 6 soal pilihan ganda (a, b, c) dan sisanya soal isian. Wah…wah..ternyata anak saya berbakat juga ya buat soal. Lengkap dengan tulisan name dan date di bagian atas soal (dan wajib diisi!)

Isi soalnya sendiri tentang materi pelajaran dia di sekolah dengan gaya penulisan soal yang mirip dengan gaya soal yang dibuat oleh gurunya. Sempat terharu ketika membaca pertanyaan pertama, soal bahasa inggris.

Name: ………                                                                  date:

Say basmalah

1.apa bahasa inggris-nya saya punya gajah ………

a.iam has elhephent

b.iam has tiger

c.iam has hamster

Walaupun tata bahasa nya dan tulisan gajahnya pun tidak tepat, sebagai guru bahasa inggris, saya sangat tersanjung. Ada PR juga buat saya “oh, ternyata anak saya masih perlu bimbingan di pelajaran bahasa Inggrisnya! hehhe…”

Dengan materi soal yang bercampur aduk dari berbagai pelajaran, saya benar-benar takjub dibuatnya. Apa karena minggu ini adalah minggu UAS sehingga dia punya ide untuk membuatkan soal buat saya. Mungkin penasaran kali ya? Ibunya buat soal terus untuk murid-murid, sekarang harus bisa menjawab soal dari putranya sendiri!🙂

Ada satu soal lagi yang menurut saya berbeda….

6.andik……………….adalah…………………….sepak bola

a.hermansyah&pemenang

b.hermani&tidak main

c.firmansyah&pemain

Sempat tersenyum geli saya membacanya. Darimana dia mendapati soal seperti ini? Menggunakan nama-nama lain untuk mencari nama yang paling benar? Anakku hebat juga ya?

Mungkin ada bakat menulis di diri anakku. Sepertinya, bakat ini bisa kita arahkan sebagai gaya belajar dia ke depan. Tinggal memintanya membuatkan soal untuk kita, maka dengan sendirinya dia sudah merangkumkan materi pelajarannya sendiri tanpa kita paksakan. Hmmmm…..kadang ide itu datang dari siapa saja, kapan saja dan dimana saja ya?😀

Boleh diujicobakan ke putra-putri anda juga, pembaca! Selamat menjawab soal dari putra-putri kita🙂 Tenang aja pembaca, ada nilainya koq! Saya dapat 90, alhamdulillah…..