Empat Desember Dua Ribu Sebelas,

Hari bersejarah kesekian kalinya! Bagi saya khususnya, karena ini seminar ke-3 berturut-turut yang saya ikuti, dan bagi teman-teman sejawat lainnya yang berada dalam satu ruang, satu atap, satu semangat baru untuk memperbaiki diri dan berubah ke arah yang lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Tidak ada kata terlalu tua untuk menuntut ilmu. Tidak ada kata mahal untuk perubahan. Dan tentu saja TIDAK ADA kata TIDAK untuk SUKSES!

Character Building Strategies: Inovasi Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Berkarakter.

Kali ini seminar yang saya ikuti bertema “Character Building Strategies: Inovasi Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Berkarakter”. Diselenggarakan di @home hotel, Tambun, Bekasi, seminar cukup memberikan semangat baru dan ilmu baru untuk menata diri bagi penanaman pendidikan karakter pada putra-putri kandung kita, dan juga murid-murid kita di sekolah. Seminar ini memang tidak hanya diperuntukkan bagi para guru saja, namun bagi orang tua yang memang mempunyai keinginan belajar bagaimana mencocoktanamkan karakter baik pada diri putra-putrinya.

para peserta seminar yang sangat antusias

Sebagai seorang pendidik sekaligus orang tua, tentu saja hal ini sangat berguna bagi saya. Karena terkadang, informasi tidaklah cukup hanya dengan membaca, namun kita perlu untuk mendengarkan langsung dari para pakarnya yang memang sudah sangat berpengalaman. Seperti yang disampaikan oleh pembicara seminar kali ini yaitu Bapak Suhadi Fadjaray. Seorang guru SD, Trainer dan Education Cunsultant, beliau sangat paham seluk beluk pendidikan berbasis karakter. Bagaimana mencocoktanamkan karakter baik pada anak adalah hal yang harus dipelajari dan dipraktekkan, tidak hanya diucapkan. Satu syarat penting pula adalah bahwa kita wajib konsisten dengan tanaman kita tersebut. Artinya, ketika kita sudah mencanangkan untuk menanamkan satu karakter baik, maka kita harus benar-benar bertahan dan tidak tergoda sedikitpun untuk melencengkannya. Tanpa konsistensi kita, maka akan sulit meraih hasil yang memuaskan.

Saya menyempatkan berfoto bersama Pak Suhadi Fadjaray

Memang tidak semua yang disampaikan dalam seminar tersebut adalah hal yang benar-benar baru bagi kita. Namun, sebagai seorang manusia tempatnya alfa dan khilaf, saya rasa kita butuh untuk diingatkan kembali, direfresh pengetahuan kita sehingga akan muncullah ilmu-ilmu kita yang terpendam tak tergali. Karena menanamkan pendidikan karakter pada anak bukanlah hal yang sederhana. Butuh ilmu, keyakinan, ketepatan metode dan strategi, serta kejelian mengemasnya menjadi hal yang tidak berkesan dipaksakan.

Dua karakter utama dan yang paling penting dalam pendidikan karakter anak ada dua. Pertama, karakter CERDAS. Kedua, karakter MULIA. Sementara itu keterampilan yang dibutuhkan anak juga ada dua: keterampilan berpikir dan keterampilan beribadah. Maka tanamkan dalam diri putra-putri dan anak didik kita karakter JUARA (JUjur, Antusias, Ridho Allah). Semangat JUARA ini harus diinjeksikan ke dalam pikiran anak-anak, sehingga anak akan terbiasa mendengar kata JUARA tersebut dan terpatri dalam hatinya serta tercatat di alam bawah sadarnya.

Salah satu cara menginjeksikan karakter JUARA adalah dengan lagu yang diubah liriknya. Jadikan lagu ini sebagai lagu penyemangat yang bisa dinyanyikan setiap memulai aktifitas pembelajaran di kelas.

(Lagu: Kalau kau senang hati…)

Apakah target kita tahun ini? 2x                                                JUARA 2x

Target yang membanggakan untuk kita semua

Apakah target kita tahun ini?                                                      JUARA

 

Bisakah kau dapat nilai sempurna? 2x                                    BISA 2x

Nilai yang membanggakan untuk kita semua

Bisakah kau dapat nilai sempurna?                                          BISA

 

Maukah kau membantu jalan dakwah? 2x                            MAU 2x

Jadilah anak sholeh, beriman dan bertaqwa

Maukah kau membantu jalan dakwah?                                   MAU

 

Maukah kau jadi anak pecundang? 2x                                   NO WAY 2x

Anak yang tak belajar, tak sholat dan durhaka

Maukah kau jadi anak pecundang?                                         NO WAY

 

Selamat bernyanyi sambil membangun karakter positif anak didik kita🙂

Semangat🙂