SNMPTN….seperti dua sisi mata uang…ada yang lulus…tidak sedikit yang gagal.

Hari ini adalah hari bersejarah yang dinantikan banyak pihak, terutama para siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Atas. Bagaimana tidak, hari ini merupakan pengumuman ujian SNMPTN tertulis! Setelah kerja keras, usaha tiada henti, doa yang tak sedikitpun terlewatkan, mereka sangat menantikan hasil dari jerih payah mereka selama hampir tiga tahun menuntut ilmu. Inilah waktu mereka untuk menggapai mimpi dan cita-cita mereka. Mimpi yang akan membawa mereka ke kehidupan baru, yang lebih berliku sekaligus menantang!

Bagi siswa yang lulus ujian, tentu hari ini merupakan hari terindah dalam sejarah kehidupan mereka. Hari yang tidak akan mudah terlupakan sebagai batu pijakan melangkah ke dunia kedewasaan berpikir dan bertindak. Hari dimana mereka mulai merangkai kisah dan cerita baru hidupnya. Dengan tekad bulat dan hati yang membuncah karena bahagia, mereka tentu bersiap diri untuk melangkah maju. Tanpa melupakan campur tangan Sang Maha Pemberi Rahmat, mereka akan berjuang demi hidup dan arti dari kehidupan itu sendiri.

Akan tetapi, hal sebaliknya pasti terjadi di lain sisi. Ada banyak kesedihan di antara sekian banyak siswa yang tidak lulus ujian. Banyak air mata tertumpah dan kekecewaan membuncah. Tidak sedikit siswa dan keluarga mereka yang merasakan kepedihan mendalam atas kegagalan ini. Tapi tentu saja, perjuangan tidak berakhir sampai disini saja. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Masih ada banyak cara untuk menggapai cita-cita dan mimpi kita. Gagal SNMPTN bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal dari perjuangan yang baru. Jadikanlah kegagalan ini pemicu untuk usaha dan kerja keras serta doa yang lebih ikhlas. Karena ada zat yang lebih mengenal diri kita, Allah azza wazalla. Dia lah penentu apa yang terbaik bagi diri kita. Tidak melalui SNMPTN, maka Dia telah menyiapkan jalan lain yang lebih baik bagi yang belum berhasil.

Inilah hidup. Ada lulus, ada gagal. Ada kebahagiaan, ada pula kesedihan. Tapi masing-masing telah disiapkan Allah untuk menjadi manusia yang lebih kuat jika kita mampu dengan ikhlas menerima keputusan ini. Maka, janganlah pernah berhenti berjuang, wahai anakku. Kegagalan akan menempa mu menjadi pribadi yang lebih kuat. Perjuangan mu akan menjadi pengalaman hidup mu yang paling berharga.

Selamat sekali lagi untuk yang lulus SNMPTN tertulis. Jangan patah arang untuk para pejuang sejati yang masih harus bekerja lebih keras menggapai mimpi dan cita.

Kami semua bangga denganmu! Bangga dengan segala perjuangan dan keikhlasaanmu…