Ternyata, Ada ‘Sekolah Inklusi’ Ya?


Berhubung ada saran dari psikolog anak saya untuk mencari sekolah baru, akhirnya saya pun langsung bertanya ke teman-teman saya, kira-kira sekolah apa yang cocok dan terbaik buat anak saya. Menurut psikolog, secara akademis, seharusnya anak saya tidak bermasalah. Dia didiagnosa bermasalah di emosinya dimana sulit baginya untuk mengontrol emosi yang terkadang akhirnya dia akan melakukan tindakan tidak baik jika merasa terusik.

Saran dari psikolognya, saya harus mencari sekolah yang minimal memiliki guru pendamping atau shadow teacher, lebih bagus lagi jika ada psikolog. Dan syarat yang lainnya yaitu kelas dengan jumlah siswa sedikit, atau kelas kecil. Dan perlu dicatat, bahwa sekolah yang dimaksud adalah bukan Sekolah Luar Biasa. Sekolah itu haruslah tetap sekolah umum namun yang memang bisa menerima anak dengan kebutuhan khusus, karena menurut psikolog, anak dengan emotional problem termasuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Saya pun mencoba mencari tahu lebih banyak lagi info dan salah satu cara cepat adalah dengan menuliskan status di facebook. Benar saja, tak berapa lama, banyak masukan dari beberapa teman tentang sekolah yang saya cari. Awalnya lebih banyak menyebutkan sekolah-sekolah luar biasa, namun tetap saya tampung usulan mereka. Sambil tetap googling, saya pun menemukan istilah “sekolah inklusi”. Penasaran, saya pun membuka beberap tulisan yang membahas tentang sekolah inklusi tersebut. Dan setelah saya pikir, mungkin yang dimaksud dengan psikolog anak saya adalah sekolah inklusi.

Saya sebagai seorang guru baru mendengar ada yang namanya sekolah inklusi. Dari beberapa tulisan yang saya baca, sekolah inklusi adalah sekolah umum biasa yang mau dan bisa menerima anak dengan kebutuhan khusus, baik berkebutuhan khusus dari segi fisik maupun dari segi mental. Artinya sekolah inklusi bisa menerima anak dengan tuna netra sampai tuna grahita, bahkan bisa menerima anak autis, hiperaktif dan ADHD.

Sekolah inklusi dicanangkana berdasar pada UUD yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan ini bukan berarti pemisahan atau pengotakan antara anak-anak berkebutuhan khusus (difable) dengan anak-anak normal (non difable). Tetapi bagaimana satuan pendidikan mampu memberikan kesempatan kepada ABK untuk bisa mengecap dan merasakan pendidikan bersama dengan anak-anak normal, walaupun bagi mereka, target yang diterapkan berbeda dengan anak-anak regular.

Karena hak untuk bisa bergaul dengan anak-anak normal inilah, maka sekolah inklusi memberikan tempat bagi mereka. Tentunya ada berbagai kesiapan dan fasilitas yang harus disediakan bagi sekolah inklusi ini, diantaranya adalah penyediaan ruang terapi, penyediaan shadow teacher dan atau psikolog. Pihak sekolah juga harus menyiapkan kurikulum yang sedikit berbeda bagi ABK ini. Misalnya, bagi anak normal, jam belajar matematika cukup dengan 6 jam saja, maka bagi ABK (sesuaikan pula dengan tingkat IQ dan kemampuannya) belajar matematika bisa ditambah menjadi 8 hingga 16 jam. Untuk ujian nasional pun, ABK tidak diwajibkan mengikuti ujian nasional.

Sayangnya, berdasarkan masukan dan informasi beberapa rekan, masih banyak sekolah inklusi yang belum sepenuhnya menerapkan fungsinya sebagai sekolah inklusi yang wajib memandang setiap anak unik sehingga bisa menyediakan pembelajaran yang unik pula bagi setiap individu. Sekolah Inklusi baru sekedar nama, terutama sekolah-sekolah negeri, karena guru-gurunya belum dibekali dengan kompetensi sebagai guru untuk ABK dan minimnya informasi tentang bagaimana sebaiknya sekolah inklusi itu dijalankan. Selain itu, guru-guru sekolah negeri masih berpatokan pada kurikulum diknas, padahal untuk sekolah inklusi, mereka harus memiliki kurikulum yang lebih luas.

Sekolah inklusi yang cukup berkembang adalah sekolah dengan titel swasta, yang umumnya, dengan biaya yang tidak murah pula. Bagi orang tua dengan penghasilan secukupnya, tentu tidaklah mampu menyekolahkan anaknya di sekolah mahal itu. Untuk itu, saya berharap, pemerintah memberikan perhatian lebih bagi program sekolah inklusi ini, terutama penerapannya yang tepat dan benar di sekolah yang memang menjadi sekolah inklusi. Dan tentunya harapan saya gantungkan pula kepada sekolah-sekolahyang katanay bagus untuk bisa menerapkan program inklusi ini sehingga semaki banyak kesempatan diberikan kepada ABK untuk berinteraksi dengn masyarakat luas dan dunia luar, tidak melulu berinteraksi dengan sesama ABK.

Masih menanti informasi sekolah inklusi yang bagus di daerah Tambun, Bekasi.

107 thoughts on “Ternyata, Ada ‘Sekolah Inklusi’ Ya?

  1. Bu,mau tanya ada ga ya sekolah umum atau sekolah swasta yg kristen daerah Tambun Bekasi?kasihan anak kami ditolak dmn2 krn blm bs bicara+semi autis…tolong dijawab ya bu…..trims

  2. assalamualaikum,bu nunung salam kenal.mohon infonya utk sekolah ank berkebutuhan khusus (adhd)di kota semarang…saya masih mencari sekolah ABK untuk anak saya di diagnosa oleh dokter ADHD ,saat ini anak saya sudah sekolah di SD Palebon I semarang , sekarang duduk di kls 2 Sd
    permasalahan yang saya keluhkan hanya susahnya anak untuk fokus / konsentrasi dgn energi yang cenderung berlebih…….mhon bantuan nya bu nunung. trims

  3. Assalamualaikum bu, mohon informasnys untuk TK inklusi di daerah bekasi utara, anak saya 4 thn ADHD, saya tinggal di perum alinda, bekasi utara. Mohon infonya bu, terima kasih banyak sebelumnya..

  4. Dear Bunda,
    Keponakan saya (Maulana) 16 tahun merupakan anak kebutuhan khusus yg pada awalnya speech delay & menjalani pendidikan sekolah dasar di spectrum bintaro. Ketika lulus dipindahkan ke sekolah reguler biasa di SMP Kebangsaan & ternyata tdk dapat mengikuti pelajaran & kerap di-bully oleh teman satu kelas.
    Apabila dimasukkan ke spectrum lagi, cenderung kearah SLB siswanya. Mohon advisenya untuk sekolah menengah pertama inklusi yang kiranya affordable ? apakah dibutuhkan shadow teacher ?

  5. Sore bunda. Kalau SD inklusi utk anak non-muslim ϑĩ daerah Tambun atau Bekasi timur ada info gak ya bu? Anak saya Fael, bln Mei ini sudah usia 7 thn. Sudah lancar membaca,hanya saja menulisnya masih kurang percaya diri. Dan bicaranya belum lancar. Mohon infonya ya bu

  6. assalamu’alaikum wr.wb..salam kenal bu, saya salahuddin,tinggal di cibitung depan ramayana,anak pertama saya didiagnosa ABK skr sdh usia 6thn,saat ini ingin mencari sekolah inklusi di sekitar cibitung,muhon infonya y bu..
    thanks banyak y bu..

  7. Untuk di daerah duren sawit ada sekolah untuk anak tuna rungu dan tuna wicara letaknya di jalan pendidikan daerah raden inten nama sekolahnya asih budi. Semoga membantu. Anak saya juga slow learner umur 6,5thn sampai sekrang belum bisa baca dan berhitung sederhana. Tp sudah hapal a-z dan angka 1-20. Lg mencaari sd inklusi di jaktim , bekasi, ada rekomendasi?

  8. Salam Kenal bu nunung Nuraida,

    Salam kenal juga utk para ortu.
    Kami, KLINIK TAMARA, merupakan Pusat Layanan Terpadu Pendidikan, Psikologi dan Terapi bagi Anak-Anak dengan Kebutuhan Khusus juga penyandang Autisme.
    Layanan kami adalah:

    A. Program Terapi Individu
    B. Program Kelas Inklusi fullday.
    C. Program Homeschooling.
    D. Program Asrama.
    E. Program Terapi Individu dalam Bahasa Inggris
    F. Program Terapi Pendampingan/Shadow Teacher.

    Info detail bisa hubungi:

    KLINIK TAMARA
    Jl. Raya Pekayon 18, Bekasi
    Tlp. 021-82436497, 021-36416848, 081-310095123
    Web: www,kliniktamara.org
    email: info@kliniktamara.org

    Makasi bu Nurul

  9. Salam kenal mba…
    Aku punya adik umur13 th tp prilaku seprti anak 5-8th. Dan emosinya tggi sekali. Ada yg tahu semua ponpes yg menerima abk?
    Wkt lalu saya liat berita ada ponpes yg santrinya abk. Dan berubah prilakunya. Tp saya lupa mencatat namanya.
    Bantu info ya…
    Adik saya makin hari makin susah diatur.

  10. bu nunung,saya minta infony.sya orangtua dr raffy sedang mencari sekolah khusus
    (ABK) daerah cibitung.anak saya didiagnosa dokter ADHD semenjak dr umur 2th setengah.sekarang usianya sdh 6th,skg masih duduk dibangku sekolah TK islam di dkt rmh.dan rencanaya thn pelajaran thn depan akan ke SD.mohin infony ya bun,trims

  11. Selamat sore bu,

    Salam kenal, mohon infonya untuk sekolah inklusi di daerah bekasi timur, kebetulan saya tinggal di comp auri – bulak kapal.
    Anak saya down syndrome usia 6th.
    Ditunggu informasinya.

    Terima kasih,
    Chichi

  12. Assalamu’alaikum,
    Bu Nunung, mohon info apabila ada terapis / sekolah prilaku untuk daerah purwakarta, anak saya 2 tahun 2 bulan analisa dokter katanya autis.
    Terima kasih,

  13. malam bu,apa anda tahu untuk sekolah inklusi daerah pondok gede??anak saya sekarang usia sudah 8 tahun tapi masih susah untuk bicara.tolong infonya bisa sms ke nomor saya!!!trima kasih

  14. Ass…bu nunung
    Maaf bu baru saja saya mengunjungi batutis al ilmi brsama suami dan ank saya.kami sdh tanya2 tp dsna staf’a bilang blm ada utk tunarungu,yg ada hanya abk autis saja.Yg mw saya tnykn dmn lg y bund sklh inklusi g bs terima ank saya,krn stiap saya tny dibeberapa sklh inklusi pst jwb’a hanya bs utk autis saja.Padahal smua ank ABK berhak kn bu mndapat pendidikn yg sama sprt ank normal…:(
    Oiy mw ralat jg bu,klo batutis itu beralamat di Pondok Pekayon indah,blok bb 43,bekasi selatan bkn blok dd,maaf cm meralat…:)

    • terima kasih ralatnya bunda. :)
      wah, sayang sekali ya? saya belum tahu lagi bun sekolah lainnya. insya allah, jika ada kabar, saya akan sampaikan ke bunda juga.

      • Salam kenal bu, mau tanya ada info sekolah inklusi di Karawang barat utk yg non muslim? Saat ini anak saya umur 7 th dan sdh duduk di kelas 2 di SD swasta. Namun sampai saat ini masih malas menulis krn konsentrasi kurang dan anaknya aktif. Dia hanya mau tulis kalo ada yg mengingatkannya, sementara gurunya tdk mgkn mengingatnya selalu krn 1 kls ada 22 siswa. Saat ini gurunya mulai mengeluh krn di kelas tdk pernah menulis , kecuali ulangan gurunya dg terpaksa harus duduk disebelahnya agar dia menyelesaikannya. Mohon infonya. Thx. Yenny

      • salam kenal balik mba yenny…
        sebenarnya masalah yang mba yenny alami sama persis dengan pengalaman putra saya. sulit memang mengharapkan pengertian dari sekolah untuk memberikan bimbingan yang berlebih untuk putra kita. saya kebetulan hanya tahu sekolah inklusi di daerah tambun bekasi saja bu. tapi nanti saya coba bantu cari info nya ya bu. semoga ananda kita akan jauh lebih baik bu. amin

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  15. Dear All,
    anak saya sudah menginjak usia 5 setengah tahun. Untuk menghitung 1-10 masih belum bisa,menulis juga belum. dari usia 3thn sudah saya sertakan di Kiindergarten dan sampai akhirnya saya periksa ke docter + psikiater. Sekarang anak saya mengikuti terapi OT (sudah berjalan 3 bulan). Saya bingung sekarang kemana harus melanjutkan sekolahnya apakah ke sekolah berkebutuhan khusus atau sekolah umum. Tapi saya melihat anak saya belum mampu ikut serta dalam pelajaran yang diterapkan disekolahnya.
    Dimana yaa sekolah inklusi di Jakarata Selatan, sekitar pasar minggu mampang dan sekitarnya yang setara dengan sekolah National Plus. Karena anak saya terlanjur saya sekolahkan di Pre School yang menggunakan bahasa Inggris. Dia lebih menguasai mengucapkan angka One two three dari pada satu dua tiga.
    Any Idea?

    Thanks All…

    • coba ke sekolah ini bunda:
      * SDN Bendungan Hilir Pagi Jl. Danau Toba Pejompongan. Tanah Abang Jakarta Pusat, Telp:5720347
      * SDN Johar Baru 29 Pagi Jl. Percetakan Negara 11, Johar Baru Jakarta Pusat, Telp:42886189
      * SDN Cempaka Putih Barat 16 Pg Jl. Cempaka Putih Barat XIX. Cempaka Putih Jakarta Pusat, Telp:42884357

  16. Ass..bu nunung
    Mohon info’a ank q tunarungu thn ini masuk SD umur 7thn kira2 sekolah inklusi di bekasi selatan ada g y bu…
    Trimakasih sblm’a….:)

  17. saya pun memiliki anak yang berkebutuhan.usianya sekarang ini suda menginjak 6 tahun lebih 3 bulan dan saat ini masih terapi di Yamet.sampat saat ini saya dan istri saya terus berusaha memberikan pendidikan academic dan karakter building.sampai saat ini anak saya sudah mampu membaca,cukup baik dan menulis walaupun belum rapi dan mampu berhitung maju dan mundur serta penjumlahan.saya ingin anak saya dalam usia 7 tahun bisa masuk SD.mohon bantuannya untuk sekolah inklusif wilayah bekasi utara atau sekitarnya.

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  18. anak saya adhd dan disleksia…saat ini sekolah di talenta sudah kelas A, alhamdulillah bagus perkembangannya. Tahun ini rencananya mau saya pindah ke sd inklusi…..kalau sdit permata hati alamatnya di jalan apa ya bun?…mau dong alamat sekolah inklusi lainnnya juga..saya mau survey tempatnya…makasih

    • SD Islam Terpadu Permata Hati Bekasi
      Address: Kp Buwek 1 RT 001/02, Tambun
      City: Bekasi
      Postal code: 17510
      Phone number: +62.21.88373149

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  19. saya mempunyai anak yang hiperaktif,kesulitan mencari sekolah yang cocok buat dia. anak saya sering dikatakan biang onar,bahkan para orang tua temannya,disekolah maupun di tempat tinggal,ada yang melarang bermain dengan anak saya. saya merasa terpukul dengan keadaan ini. kasian melihat anak saya yang masih polos,namun harus menanggung beban yang tak mudah. ingin sekali saya menyekolahkan anak saya ditempat yang seharusnya,namun apa daya tak rerjangkau oleh pendapatan saya. saya mohon saranya,kemana saya harus membawa anak saya? terima kasih sebelumnya.

    • salam hangat dari saya.
      apa yang bapak rasakan, banyak pula dirasaakan oleh orang tua lainnya, termasuk saya.
      munkin bapak bisa coba ke sekolah batutis al ilmi (baca tulis gratis) yang beralamat di Pondok Pekayon Indah Blok DD 43 Bekasi Selatan.
      semoga bermnafaat infonya pak.

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  20. Ada juga bun di SDIT Global Teratai Putih Cimuning-Mustika Jaya,Meskipun tidak mendeklarasikan sbg skolah inklusi tetapi disana menyediakan kelas khusus ABK,semua kriteria yang ibu inginkan diatas terpenuhi smua disana,termasuk shadow teacher,serta pembauran kelas dengan anak normal lainnya,bahkan jika memang anak sudah mampu mengikuti perajaran konfensional maka akan dibaurkan dengan murid umum,tapi tentu dengan pengawasan guru khusus dan dengan sistem penilaian tersendiri pula.

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  21. Sekolah citta bangsa adalah sekolah inklusi di daerah jatibening bekasi, bisa datang dan diskusi mengenai kebutuhan sekolah yg diinginkan.. Semoga bermanfaat ya

  22. di bekasi daerah galaxi bekasi ada sekolah al fajri,tdk pernah mengidentifikasi sebagai sekolah inklusi,namun anak abk berbaur dengan anak normal dan penanganannya baik sekali,pembentukan karakternya juga sangat baik dan aplikatif,metode belajarnya ramah otak,mungkin bisa disurvey.

  23. salam kenal bu, klo di sekolah anak ibu apakah ada atau menerima jg ABK tuna rungu ? klo ada tlng info sekolah inklusi di bekasi dan sekitarnya yg ads dan menerima anak tuna rungu, tks!

    • sepertinya tidak ada pak, setahu saya baru ada siswa dengan autis.
      coba ke sekolah talenta pak, di ruko sebrang Islamic Center Bekasi. kalau gak salah ruko niaga mas. mungkin disana ada untuk siswa tuna rungu. saya ada nomor kontaknya dengan talenta center di 021 88856183.

    • saya pernah survey mencari sekolah inklusi pak roslan. ada sekolah inklusi tapi sekolah swasta, SDIT Permata Hati, di daerah Tambun, Bekasi yang salah satu siswanya adalah ABK autis (tapi saya tidak tahu autis yang seperti apa). Mungkin bapak bisa tanya kesana.

      • wah, saya kurang paham pak roslan, tapi bapak bisa lihat di situs diknas jaksel, biasanya mereka mempunyai data sekolah-sekolah yang sudah menerapkan sistem inklusi ini. karena saya pun survey berdasarkan data yang dikelluarkan oleh diknas setempat.

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  24. salam kenal Bu,,,
    saya pun sedang mencari sekolah inklusi di Semarang,,
    ternyata susah mencari sekolah yg mau menerima ABK, sekalinya ada biayanya sangat mahaaallll…

    • Salam kenal juga bu. Iya bun, memang masih susah cari sekolah inklusi yg serius menangani abk. Yg swasta ada dan lumayanbagus, tp biaya per bulan bisa sampai 900 ribu rupiah. Kyknya berat ya untuk single parent spt saya :-)

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

    • Salam kenal Bu…
      Saya tinggal di Semarang, coba SD Alam Ar-Ridho di daerah Tembalang..menerima siswa tuna rungu, tuna wicara, tuna ganda dan tuna laras…atau SD Bina Harapan di Klipang..menerima siswa slow learner, hiper aktif dan autis.
      Semoga bermanfaat ya untuk buah hati ya Bu..

  25. Halo bu Nunung, salam kenal ya.kebetulan problem anak kita hampir sama bu. Anak saya sekolah di SD Alam inklusif ‘Prima Sakinah’ di dekat Kota Legenda tambun. satu kelas ada 7-8 siswa. sejauh ini saya lihat kemajuan anak saya cukup bagus. kalau boleh tahu alamat sekolah anak ibu dimana ya. terima kasih.

    • Salam kenal juga ibu :-) alamat sekolah karakter nur al hiraa di ciketing asam jaya rt 04 rw 05 mustika jaya bekasi timur (dari arah tambun masuk via gang tugu bambu)

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  26. Apakah ibu sudah menemukan skolah inklusi untuk anak ibu di Tambun, Bekasi? karena anak saya juga mengalami hal yang sama dan saya sedang mencari sekolah inklusi di Tambun Bekasi. Mohon infonya..

    • ada bu, di SDIT Permata Hati, Kompas Tambun. Itu yg swasta. Untuk yg negeri ada di SDN Setiadarma 01, Tambun.
      tapi, pada akirnya saya menyekolahkan anak saya di Sekolah Karakter Nur Al Hira di daerah legenda bu nova.

      • Bu,dmana sy bisa mncari skolah inklusi yg telah benar siap daerah bekasi ? Skrg ank sy tk Di fajar hidayah delta mas .sy pilih krn kurikulumnya aktif lerning ..tp msh jauh spt sklh inklusi yg benar2 siap. Satu lg bu, sy lg mencari sdw teacher lulusan plb unj ,mgkin ibu bisa bantu info?

      • bisa dicoba ke sekolah SDIT Permata Hati, bun? di daerah Kompas, Tambun.
        Untuk shadow teacher, saya belum punya infonya bun. tapi kalau ada, insya allah dikabarin.

    • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

      KLINIK TAMARA
      pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
      menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
      021-82436497

  27. Yg sabar ya bu,smoga secepatnya ibu bisa mendapatkan jalan keluar yg terbaik utk masalah tempat pendidikan formal nya de RAYHAN,sesuai dg kondisi dan kebutuhan nya.Aamiin….

      • assalamualaikum,bu nunung salam kenal.mohon infonya utk sekolah ank berkebutuhan khusus didaerah cibitung…saya masih mencari sekolah ABK uuntuk anak saya di diagnosa oleh dokter ADHD dari umur 3th,saat ini anak saya sudah sekolah di TK islam dengan jumlah 1kelas 20 murid…
        permasalahan yang saya keluhkan hanya prilakunya saja disekolah & dirumah sering emosi&ingin minta diperhatikan.menurut teman2 di RS.HERMINA,harus disekolahkan yang berkebutuhan khusus tp itu hanya didaerah bekasi…….trims

      • waalaikumsalam bunda,
        kebetulan rumah saya di cibitung juga, tepatnya sebelum pasar induk cibitung. dan memang saya belum menemukan sekolah yang pas. untuk itu saya menyekolahkan anak saya di daerah ciketing asem. terhitung sangat jauh dari rumah, krn harus menempuh sekitar 1 jam perjalanan jika jalan macet. plus tdk ada jemputan kecuali ojek. tp demi kebaikan, saya bismillah mencari sekolah yang tepat untuk anak saya. mungkin bunda bisa coba?

      • Jl. RayaPekayon no. 18 Bekasi, dekat mol Bekasi Square.

        KLINIK TAMARA
        pusat layanan terpadu psikologi, terapi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus dan penyandang autisme
        menyediakan terapis untuk datang ke rumah dan daerah2.
        021-82436497

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s